Article

Istilah-Istilah Yang Wajib Diketahui

Return on Investment (ROI)
Ini adalah ukuran untuk menentukan keuntungan atau nilai dari investasi properti. Rumus yang biasanya digunakan ialah (laba – investasi) / total investasi x 100%.

Yield
Keuntungan yang dihitung dari nilai sewa properti (per tahun) dibandingkan dengan harga properti. Contohnya, investor memiliki properti seharga

Property Crash
Istilah ini banyak digunakan ketika menggambarkan kegoncangan properti. Permasalahan yang memicu biasanya ketidakstabilan ekonomi. Situasi ini akan membuat harga properti jadi melonjak tajam atau turun drastis.

Booming Property
Istilah untuk menggambarkan terjadinya kelonjakan pembelian pada produk properti. Hal ini diibaratkan penjualan sedang laris manis.

Turn Key
Waktu yang disepakati untuk serah terima kunci, misalnya dilakukan oleh kontraktor ke pengembang atau dari pengembang ke pembeli.

Okupansi
Untuk menunjukkan sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Capital Gain
Posisi menguntungkan para investor yang didapat dari kenaikan harga properti. Keuntungan tersebut dibandingkan dengan harga saat membeli yang lebih murah.

NUP (Nomor Urut Pemesanan)
Disebut juga priority pass yang biasanya diberikan pada calon pembeli potensial. NUP adalah skema membeli properti yang menggunakan antrian nomor urut. Pemberian NUP biasanya diberikan sebelum properti siap atau resmi dijual ke publik.

Loss Transaction
Biaya tak terlihat, tak terduga atau terlupakan saat melakukan investasi properti, misalnya biaya untuk broker atau marketing, pajak PPH dan sebagainya.

AJB (Akta Jual Beli)
Berupa surat yang menyatakan beralihnya kepemilikan sebuah aset properti. Akta ini disahkan dan kuat secara hukum dengan penggantian nama sesuai pemilik barunya.

Sunrise Property
Properti baru yang kenaikan nilainya stabil dan berkembang. Bila mengacu pada lokasi, maka istilah ini mengambarkan kawasan modern yang direhabilitasi atau daerah baru yang berkembang signifikan.

Sunset Property
Kebalikan dari sunrise, dimana properti cenderung berusia tua. Kualitasnya menurun dan biasanya kurang baik secara ekonomi. Secara lokasi, istilah ini menggambarkan kawasan yang kurang mendukung, seperti akses sulit, lingkungan tidak aman dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s